Thursday, June 22, 2017

Manfaat Internal Link dalam artikel dan Cara membuatnya

Tags

Cara Membuat Internal link dan manfaatnya

Mengenai hal ini bahwa saat itu di blog saya ada yang komentar "Bagaimana Cara membuat Internal Link". Nah kali ini saya akan membahas tentang Internal Link. Sebenarnya apa sih internal link itu ? apa kah penting internal link untuk blog atau website ? Nah... Internal link adalah tautan link yang berada didalam laman menuju ke laman lainya dengan domain yang sama.  Nah Link Internal ini sangat penting sekali untuk blogger maupun website, karna link internal ini tujuanya untuk memudahkan mesin penelusur untuk merayapi, mengindeks semua halaman, dan mengindeks setruktur blog atau web anda secara keseluruhan.

Selain itu juga Tujuan internal link adalah untuk membantu pengunjung menemukan konten terkait sesuai selera mereka dan termasuk menaikan Page View blog atau website anda juga. Nah bagaimana ? Penting bukan ? Mulai Sekarang bangunlah internal link pada blog atau web anda yaa.

Memang pada awal ngeblog, saya tidak tahu mengenai internal link itu apa. Seiring berjalanya waktu saya berkenalan dengan seseorang dan disitulah saya belajar tentang blogging. sekarang saya paham mengenai internal link. Ternyata memang begitulah pentingnya internal link didalam artikel.

Bagaimana Bentuk Kode HTML Internal Link ?


Begini Contoh kode Htmlnya:
<a href="http://www.maxmoer.com/ tittle="Tips SEO, Blogger dan lain2"> Maxmoer Blog </a>

Pasti anda sudah tahu kan kode seperti itu? berikut ini adalah penjelasan dari kode tersebut:
  1. <a href="http://www.maxmoer.com/ = adalah link yang akan kita targetkan
  2. Tittle=" Tips SEO, Blogger dan lain2"> = adalah deskripsi
  3. Maxmoer Blog </a> = Anchor Text atau kata yang akan kita gunakan sebagai link 

Nah begitulah penjelasanya, Oke selanjutnya saya akan menjelaskan Tips membangun atau membuat Internal Link didalam artikel beserta fungsinya 


Tips Membangun Internal Link dengan Benar


Nah disini anda akan tau mengenai Cara membangun Internal Link beserta penjelasan yang saya sudah pelajari dan secara singkat. Membangun Internal Link tidak sembarang loh jadi anda harus pahami dengan baik. Oke berikut ini saya jelaskan:

1. Sisipkan Link Didalam Artikel

Nah anda harus menyisipkan internal link didalam artikel. Karna pengunjung juga akan tertarik untuk mengekliknya. Oh iya google menyarankan untuk menyisipkan link itu hanya 3 buah internal link saja, lebih dari itu sih tidak masalah asal jangan berlebihan, karna nanti blogmu terkena penalty. Kalau saya sih minimal 3 yang dipakai karna ini menurut guruku lebih baik. 

Baca Juga ya: Cara Membuat Artikel Agar Berada di Halaman Pertama Google

2. Gunakan Text Anchor dengan benar

Hal ini agar memudahkan mesin penulusur untuk merayapi halaman anda. Maka dari itu gunakanlah anchor text dengan baik. dan jangan sekali-kali anda menggunakan anchor text seperti ini " Klik disini, Login Disini dan sebagainya " Kecuali anda terpaksa membahas artikel tentang software atau yang berbau download.

3. Harus Sesuai dengan topik yang di bahas

Untuk memasang internal link,  anda harus pasang sesuai dengan isi artikel anda. Misalnya anda Membuat artikel "Cara menaikan Visitor" anda jelaskan cara menaikan visitor. di artikel yang anda jelaskan misalnya ada yang membahas tentang "Gunakan Internal Link Agar Visitor menaik" nah gunakan kata ini untuk internal link. Dengan begini sesuai topik kan. 

4. Internal Link Harus Bersifat Dofollow

Jangan menggunakan rel="nofollow" yaa. karna link nofollow dianggap tidak mendistribusikan otoritas, dan percuma saja tidak akan dirayapi oleh mesin pencari.  Gunakan link yang bersifat dofollow, agar search engine mudah merayapi halaman anda.  

Manfaat Internal Link beserta Fungsinya


Jika anda sudah mengetahui Cara membangun Internal Link anda juga harus tau Manfaat Internal Link itu Apa. nah disini saya akan menjelaskan Manfaat Internal Link yang sudah saya pelajari dari teman saya di facebook, Baik Simak yaa :

- Menambahkan Jumlah Page View

Jika anda membuat internal link pada setiap artikel atau halaman anda, pengunjung akan mudah ketika mereka mencari konten yag berkaitan dengan artikel yang anda sajikan. Hal ini tentu saja akan mendapatkan jumlah pageview halaman anda.


- Meningkatkan Kualitas SEO

Internal link digunakan untuk berpindah halaman lain yang relavan dengan halaman sebelumnya yang disajikan di tempat internal link yang anda pasang lebih jelasnya lagi (halaman sumber). hasil ini akan meningkatkan SEO anda. 

Search engine sangat memperiotaskan halaman yang memiliki tingkat relevansi terhadap halaman topik yang disajikan tersebut. Search engin juga akan merayapi halaman anda dengan baik.


- Dan Bergai macam Fungsinya 

Sebetulnya banyak sekali fungsi internal link dalam artikel ini. Intinya pasang aja internal link dalam artikel. Hal ini akan terlihat lebih baik jika dipasang.

Cara Membuat Internal Link didalam Artikel 


Bagaimana sudah mengetahui tips membangun Internal Link dan Fungsinya kan? nah sekarang anda Praktikan cara membuat internal link di blog anda. Berikut ini saya akan memberikan tutorialnya :  

1. Buatlah Artikel 

2. Buat keyword untuk anchor text internal link. Misalnya seperti ini:

Internal Link


3. Klik link lalu isi Url halaman yang anda targetkan, Lalu centang Open this link in new tab. karna ini akan menjadikan internal link anda bersifat dofollow.

Contoh Internal Link

Yaps jadi begitulah kehebatan internal link. mantep bukan?? Oke kalau begitu demikianlah artikel yang saya bahas ini mengenai pentingnya link internal dan cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. :)

Artikel Terkait



Hallo, Para Blogger. Sebenarnya tujuan utama saya membuat blog ini hanya untuk mengingatkan terhadap materi saya sendiri. Jika anda tertarik dengan artikel ini silahkan, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Mohon Maaf Komentar yang TIDAK SESUAI dengan ISI POSTINGAN, Link Aktif, SARA & SPAM, Akan tidak MUNCUL dan di anggap SPAM. Silahkan berkomentar dengan Baik !!
EmoticonEmoticon